Friday, June 26, 2015

Selasa 30 juni 2015, kiamat??






Tenang, kiamat disini bukanlah kiamat bagi dunia kita melainkan kiamat bagi alat-alat elektronik :D

Pada umumnya satu hari memiliki 86.400 detik tapi tidak untuk tanggal 30 juni 2015 ini, karena pada hari tersebut para ilmuan akan menambahkan waktu 1 detik sehingga pada tanggal tersebut akan memiliki 86.401 detik. 1 detik itu disebut detik kabisat / leap second.

Hal ini bukan yang pertama kali terjadi, penambahan detik kabisat tahun ini merupakan ke-26 kali sejak tahun 1972. Leap second ini juga terjadi pada tanggal 30 juni 2012 lalu.

Bagi yang kurang mengerti apa itu leap second, sekarang akan saya jelaskan.
Leap second adalah penambahan 1 detik agar waktu yang digunakan masyarakat umum sesuai/seakurat mungkin dengan nilai waktu matahari. Kenapa harus sesuai dengan nilai waktu matahari? Hal ini dikarenakan kita tidak dapat menghitung gerak rotasi bumi yang memang tidak teratur, oleh sebab itu digunakanlah nilai waktu matahari sebagai pengukur rotasi bumi. Kenapa kita harus menghitung gerak rotasi bumi? Karena dengan menghitung gerak rotasi bumi kita bisa menentukan waktu pagi, siang, sore dan malam di bumi.

Leap second atau detik kabisat tidak ada hubungannya dengan tahun kabisat, tahun kabisat dapat ditentukan siklusnya yaitu setiap 4 tahun sekali sedangkan leap second tidak bisa ditentukan siklusnya karena rotasi bumi tidak teratur.

Leap second ini berpengaruh pada server-server situs, computer dan bahkan navigasi dalam penerbangan. Hal ini terbukti dengan down nya server Mozila, Pirate Bay pada tanggal 30 juni 2014 lalu. Computer yang sudah disetting sedemikian persis jam dan waktu nya tidak dapat menerima leap second yang tidak bisa diperkirakan kapan akan terjadi sehingga terjadi crash. Untuk menghindari computer yang crash akibat dari leap second ini, kita bisa mematikan computer selama 1 – 2 jam dari jam 23.00 sampai dengan 01.00.



0 komentar:

Post a Comment